Home / Artikel

image

Teknologi Implan Berhasil Bikin Tiga Orang Difabel Berjalan Lagi


Tiga orang difabel bisa berjalan kembali, bukan karena mukjizat tetapi karena teknologi canggih di bidang implan. Teknologi ini merupakan hasil karya dari dokter di Swiss, dengan menggunakan komponen implan yang dimasukkan ke dalam tubuh tiga pasiennya, dikutip dari nextren pada tanggal (21 Desember 2018).

Implan tersebut dipasangkan di dalam tulang belakang pasien, dan melaluinya sinyal dari otak ke anggota tubuh diperkuat. Temuan yang menakjubkan ini sendiri telah diterbitkan di dalam jurnal ilmu pengetahuan bernama Nature.

Menurut laporan dari BBC, patien pertama yang disembuhkan menggunakan cara ini adalah pria Swiss berusia 30 tahun bernama David Mzee. David mengalami kerusakan tulang belakang yang parah di dalam kecelakaan ketika berolahraga, dan dokter memvonisnya hidup tanpa bisa berjalan lagi.

Berkat implan yang dikembangkan oleh tim dari Ecole Polytechnique Federale de Lausanne (EPFL), dia bisa berjalan lebih dari setengah mil.Pasien kedua, Gertan Oskan, insinyur berusia 35 tahun dari Belanda terlempar keluar dari mobilnya tujuh tahun. Hadiah ulang tahun yang diberikan oleh dokter saat itu adalah dia akan mengalami kelumpuhan seumur hidupnya.

Setelah menggunakan implan tersebut, meskipun belum bisa berlari, tetapi Gertan sudah mulai bisa bergerak lagi. Sedangkan pasien ketiga adalah Sebastian Tobler, orang Jerman berusia 48 tahun yang gemar bersepeda. Akibat kecelakaan ketika sedang bersepeda, Sebastian terlempar dan tulang punggungnya mengalami cedera yang membuatnya lumpuh.

Kini dia bisa kembali bersepeda dengan menggunakan model khusus yang dikayuh dengan menggunakan tangan dan kakinya. Pelajaran yang bisa diambil dari sini bukan hanya teknologicanggih bisa membantu kehidupan, tetapi juga pentingnya menjaga keamanan tulang punggungmu. Karena semua fungsi tubuh bergantung dari jalan tol yang menghubungkan semua saraf ke otakmu ini.


 


 

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon