Home / Artikel

image

6 Langkah Mudah Membuat Blog


Tersedia juga beragam pilihan platform bagi Anda yang ingin membuat website pribadi atau sederhana. Pun berbagai hal bisa dijadikan berita dan informasi. Mulai dari tema perjalanan, teknologi, berita, hingga makanan, musik, dan sepatu – ada banyak sekali topik yang bisa dijadikan pembahasan utama blog.


Memilih niche blog tidak bisa dilakukan asal-asalan, apalagi dengan terburu-buru. Lakukanlah riset dan perbandingan terlebih dulu. Dengan begini, Anda tidak akan kesulitan mencari niche blog yang tepat.
Tulislah yang Anda sukai. Pada akhirnya, melakukan sesuatu berdasarkan hobi dan kesukaan akan memberikan hasil yang lebih baik. Dan sudah pasti pembaca atau pengunjung setia blog Anda akan merasa puas.

2.    Memilih platform blogging;
Selanjutnya, pilih platform di mana Anda akan menulis dan menerbitkan konten. Karena blog memuat konten, gunakan sistem manajemen konten (CMS).
Dengan memilih CMS untuk menjadi platform blogging, Anda bisa:
1.  Setup blog tanpa harus memahami codingatau bahasa pemrograman.
2.   Menulis dan mempublish konten baru.
3.   Fokus pada penulisan daripada mengkhawatirkan berbagai aspek teknis.
4.   Kemudahan dalam menambahkan fitur baru dengan bantuan plugin dan modul.
5.   Mengonfigurasikan tampilan desain dengan memanfaatkan kumpulan tema gratis.


Seperti yang disebutkan pada gambar di atas, ada banyak pilihan CMS. Dan beberapa di antaranya populer di kalangan user atau pemilik website.
Tiga platform blogging terbaik yang kami rekomendasikan adalah:
•    WordPress
•    Joomla
•    Drupal


3.    Memilih web hosting;
Ada beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan jika ingin memilih platform hosting untuk blog:
•    Berapa banyak traffic yang Anda inginkan?
•    Seberapa cepat proses setupnya?
•    Apakah disediakan bantuan?
•    Fitur apa saja yang disediakan untuk membuat tampilan blog Anda canggih dan profesional?
•    Berapa biayanya?
Untungnya, Anda tidak perlu lagi mencari hosting terbaik karena kami sanggup menyediakan apa yang Anda butuhkan!
Tak hanya itu, Anda juga harus memperhitungkan jenis hosting yang hendak digunakan, tentu saja tergantung pada skala proyek yang dibuat. Mari kita lihat beberapa di antaranya!
1.    shared hosting
2.    cloud hosting
3.    vps hosting


4.    Mendaftarkan nama domain;
Setiap website disertai dengan alamat, demikian juga dengan blog atau website Anda. Memilih nama domain memang bukan hal yang mudah, tapi semua ini bisa dilakukan dengan cepat di Hostinger!
Anda juga bisa membeli nama domain secara terpisah. Manfaatkan tool mencari domain. Ketikkan nama domain yang Anda inginkan di kolom pencarian dan Anda akan melihat nama domain yang tersedia dan yang sudah digunakan oleh user lain.
Beli juga ekstensi domain populer termurah mulai dari Rp. 13.212, termasuk:
•    .xyz
•    .com
•    .co.id
•    .id


5.    Mengaktifkan platform blogging;
Setelah membeli dan mengaktifkan web hosting serta nama domain, maka langkah selanjutnya adalah mendesain dan mengelola situs Anda.
Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ada tiga platform blogging terbaik yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Di bawah ini, kami akan membahas satu per satu dari cara membuat blog pada ketiga platform tersebut.


6.    Mempublish konten dan mengembangkan blog.
Pilihlah platform yang menurut Anda terbaik dan mulailah membuat dan mengonlinekan blog. Kalau kami, CMS yang nyaman dan mudah adalah WordPress.


Karena sebagian besar sistem manajemen konten membiarkan Anda untuk membuat konten sebanyak mungkin tanpa harus bersusah payah, maka tugas Anda adalah menuliskan dan menerbitkan artikel yang berkualitas.
Semakin cepat Anda menulis dan mengonlinekan sebuah artikel, maka hasilnya akan lebih baik. Mengapa? Faktanya, satu artikel membutuhkan waktu selama beberapa minggu sebelum akhirnya dilihat dan ditampilkan di mesin pencari.
Idealnya, Anda ingin blog memperoleh traffic yang terus meningkat setiap saat. Untuk mewujudkan keinginan ini, Anda harus kreatif dan bersiap untuk berusaha lebih keras. Alasan inilah yang mendorong kami untuk merangkumlan 10 tips blogging terbaik agar blog yang dionlinekan sukses dan meraih banyak pembaca.

jasapembuatanaplikasi,companyprofile,infosumbar,infopadang, websitepadang,websitesumbar,pembuatanandroid,onlineshop,jasaaplikasi, kursusweb,kursusphp,kursusandroid,androidpadang,androidsumbar, jasapembuatanwebsitepadang,jasapembuatanwebsitebukittinggi, pembuatanaplikasipadang,pembuatanaplikasibukittinggi




Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon