Home / Artikel

image

Peradaban Insan Dan Teknologi


Topik pembahasan di zaman modern ini dikutip dari iniartikelteknologi (4 Desember 2018). adalah hubungan manusia dengan teknologi yang seakan-akan tidak bisa dipisahkan dari segala bentuk kegiatan. Sehingga pada saat ini, bisa dibilang teknologi menjadi kebutuhan primer yang harus dipenuhi bagi setiap orang.

Fungsi teknologi itu sendiri adalah untuk mempermudah manusia dalam mengerjakan segala kegiatan, kebutuhan serta kepentingannya. Misalnya dalam berkomunikasi, seolah-olah jarak manusia di penjuru dunia itu dekat. Padahal pada zaman dahulu, saat segalanya masih sangat sederhana, hal seperti ini tidak mungkin bisa dirasakan. Karena pada zaman dahulu, ini dianggap sebagai sesuatu yang tidak masuk akal.

Semua ini sebenarnya berawal dari kebutuhan manusia yang beraneka macam. Serta keinginan dan rasa yang tidak pernah puas akan sesuatu yang seperti ini itu dan yang lebih dari ini dan itu. Sehingga menjadi salah satu alasan manusia untuk menciptakan teknologi-teknologi baru. Yang dapat menjadikan segala keperluan dan kebutuhan menjadi serba cepat, mudah dan praktis.

Namun fenomena yang terjadi saat ini adalah, teknologi cenderung digunakan tidak untuk kebutuhan maupun keperluan, melainkan sebagai tren hidup. Untuk sekedar ikut-ikutan agar tidak dianggap sebagai manusia zaman batu yang sangat kuno. Tanpa memanfaatkan kecanggihan teknologi itu dengan baik. Di luar kesadarannya, manusia sedikit demi sedikit dijajah seiring berkembangnya teknologi. Terutama teknologi alat komunikasi, misal Gadget dan sejenisnya.

Bisa dikatakan hubungan manusia dengan teknologi, seperti halnya simbiosis parasitisme. Tergantung manusia itu sendiri, menjadi pihak yang menguasai, agar menuntut dirinya untuk belajar dan memanfaatkan teknologi dengan bijak sehingga dapat memperoleh nilai positifnya.

Namun disisi lain, tidak sedikit manusia yang menyalah gunakannya. Misalnya orang tua zaman sekarang membelikan Gadget untuk anak-anaknya yang bisa dikatakan belum cukup dewasa. Dengan alasan mengikuti tren zaman sekarang. Sedangkan anak belum bisa memanfaatkan Gadget dengan baik dan sesuai kebutuhan. Melainkan mereka hanya menggunakannya untuk bermain Game. Mari kita bandingkan dengan zaman ketika kita kecil dulu. Kita bermain diluar rumah, memainkan permainan yang sangat sederhana dan dengan alat yang sederhana pula. Seperti bermain kelereng, lompat tali, petak umpet dan masih banyak lagi. Tapi lihatlah zaman sekarang, mereka banyak bermain game ditablet di dalam rumah tanpa menghiraukan waktu bahkan mereka hanya pergi ke warnet untuk bermain game online. Saat mereka sibuk dengan keasyikannya, orang tua tidak menyadari bahwa hal tersebut akan dapat membuang waktu yang seharusnya dipergunakan untuk belajar. Yang nantinya dapat menghambat dan menurunkan prestasi anak di bidang akademik maupun non akademik. Sehingga dari situlah gambaran manusia yang mendapat nilai negatif dari perkaembangan teknologi saat ini.


jasapembuatanaplikasi, companyprofile, infosumbar, infopadang, websitepadang, websitesumbar, pembuatanandroid, onlineshop, jasaaplikasi, kursusweb, kursusphp, kursusandroid, androidpadang, androidsumbar, jasapembuatanwebsitepadang, jasapembuatanwebsitebukittinggi, pembuatanaplikasipadang, pembuatanaplikasibukittinggijasapembuatanaplikasikasirandroidpadang, jasapembuatanaplikasibukittinggi, aplikasikasirpadang, aplikasikasirbukittinggi, aplikasipenjualanpadang, aplikasipenjualanbukittinggi, kursuswebsitrpadang, kursusandroidpadang, kursusaplikasipadang

">">">

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon