Home / Artikel

image

Perbedaan Format Gambar JPG, PNG, GIF dan SVG untuk website


Dengan banyaknya format file yang tersedia untuk gambar, kita mungkin menghadapi pertanyaan penting, format gambar apa yang harus saya gunakan? JPEG, PNG, SVG, atau GIF?? Format file gambar yang ideal bergantung pada bagimana mereka akan digunakan secara online. Apakah anda mencoba menghemat ruang, dan meningkatkan waktu untuk menampilkan gambar? Apakah anda memerlukan gambar berkualitas tinngi? Atau apakah anda ingin animasi?

Ada empat tipe gambar yang paling banyak digunakan saat ini, yaitu: JPG, GIF, PNG, dan SVG. Jadi, tipe gambar yang mana yang sebaiknya anda gunakan di web? Ada baiknya kita melihat masing-masing dari format file gambar ini.

1. JPG

JPEG atau JPG adalah akronim dari Joint Photographic Expert Groups. JPG merupakan format gambar yang sangat umum, format gambar 24-bit yang berarti gambar JPG dapat menampilkan jutaan warna (16,8 juta warna). Hal ini membuatnya bagus untuk foto dan gambar dengan lebih dari 256 warna. JPG menyimpan data dalam format lossy. Oleh karena itu, ketika dikompresi format gambar ini kehilangan beberpa detail gambar untuk membuat ukuran file menjadi lebih kecil. hati-hati dengan kompresi, sehingga anda kemungkinan mendapatkan gambar terkompresi yang sangat berbeda dari gambar aslinya.

2. PNG

PNG (Portable Network Graphics) adalah format gambar yang dirancang untuk web. PNG datang dalam dua format: PNG-8 dan PNG-24. Perbedaan utama dalam kedua format adalah jumlah warna yang didukungnya. Sementara PNG-8 dapat menampilkan maksimal 256 warna, format PNG-24 dapat menampilkan jutaan warna dan tentunya bagus untuk foto. Berbeda dengan JPEG, PNG adalah format file lossless. Oleh karena itu, PNG menjaga kualitas dan detailnya setelah kompresi. Hal ini menyebabkan ukuran file yang lebih besar. Jadi seharusnya hanya digunakan untuk gambar ketika kualitas gambar lebih penting dari ukuran file.

3. GIF

Graphics Interchage Format (GIF) adalah format gambar yang sudah ada dari dulu. Berbeda dengan JPEG, GIF hanya mendukung 256 warna. Menjadikannya tidak iedal untuk fotoatau gambar dengan banyak warna. GIF dapat digunakan untuk grafis dengan variasi piksel rendah ke piksel seperti logo, ikon, dan bendera. GIF bagus untuk animasi sederhana. Tidak seperti JPEG, GIF mendukung kompresi lossless yaitu kompresi yang dilakukan tanpa kehilangan data.

4. SVG

SVG (scalable Vector Graphics) adalah format gambar vektor. SVG ditulis dalam markup berbasis XML, mirip seperti HTML dan tentunya sangat berbeda dari format gambar lain di atas. SVG adalah vektor dan diambil dari bentuk dan kurva matematis yang dideklarasikan atau semacamnya, sehingga ukuran pixelnya menjadi tidak terbatas, tidak seperti format lain yang bergantung pada pixel. SVG terlihat sama, todakpeduli ukuran layar dan tingkat perbesaran layar. Ini membuatnya bagus untuk desain responsif. SVG dapat dimodifikasi menggunakan CSS dan Javascript. Jadi jika anda membutuhkan gambar yang dapat dimanipulasi, SVG adalah pilihan yang bagus. Mereka juga dapat dianimasikan menggunakan animasi CSS dan Javascript.

Jadi, tipe gambar mana yang sebaiknya anda gunakan???

Jika nada mengunggah foto produk ataupun foto liburan ke website, JPG adalah pemenangnya. Anda ingin membuat animasi pendek dari film favorit anda pilihlah GIF. Jika anda akan menggunakan gambar berkualitas tinggi, ikon yang mendetail, atau perlu menjaga transparansi, PNG adalah pemenangnya. SVG sangat ideal untuk gambar berkualitas tinggi dan dapat diskalakan ke ukuran resolusi berapapun tanpa mengurangi kualitasnya.


Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon