Home / Artikel

image

Apa itu Growth Hacking?


Growth Hacking (juga dikenal sebagai ‘pemasaran pertumbuhan’) adalah penggunaan taktik pemasaran digital yang ringan dan hemat biaya untuk membantu menumbuhkan dan mempertahankan basis pengguna aktif, menjual produk, dan mendapatkan eksposur. Pikirkan ‘peretasan’ dalam hal peretasan kehidupan – jalan pintas kecil yang membuat hidup Anda lebih mudah – daripada potongan kode jahat yang dapat merusak komputer dan hidup Anda.

Growth Hacking paling sering dikaitkan dengan perusahaan baru dan bisnis kecil, yaitu organisasi yang tidak memiliki banyak uang untuk disisihkan tetapi membutuhkan hasil dengan cepat. Namun, ini adalah konsep terukur yang berlaku untuk bisnis online mana pun yang ingin mempertahankan pertumbuhan dan retensi basis pengguna aktif.

Growth Hacking disebut juga teknik yang digerakkan oleh eksperimen untuk menentukan cara paling efektif untuk mengembangkan bisnis. Prosesnya melibatkan campuran pemasaran, pengembangan, desain, teknik, data, dan analitik.

Alasan mengapa ini disebut Growth Hacking adalah karena peretas menemukan metode yang cepat, hemat biaya, tetapi inovatif untuk mencapai pertumbuhan daripada mengikuti proses konvensional.


Menjadi Growth Hacking


Growth hacker adalah sebuah sebutan jabatan yang lazim digunakan secara formal oleh berbagai perusahaan di luar negeri terutama di Silicon Valley. Istilah growth hacker yang jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah peretas pertumbuhan, pada umumnya dipakai pada industri digital atau startup company. Idealnya, menjadi growth hacker memiliki tipikal seperti berikut ini:

    Memiliki pengetahuan teknis yang cukup dalam menyampaikan ide kepada programmer.
    Nyaman dalam bekerja dengan data-data.
    Memiliki intuisi yang bagus pada pemasaran internet.
    Memahami bagaimana dampak optimasi kecil pada keseluruhan proses.
    Memahami nilai inti sebuah produk terhadap konsumen.

Para pelaku growth hacking atau biasa disebut dengan growth hackers merupakan orang-orang yang ahli dalam memakai teknik SEO, pemasaran konten, analisis situs dan melakukan testing. Di dalam dunia internet marketing, seorang growth hackers memang sangat dibutuhkan.

Tanpa adanya mereka, maka website startup tidak akan dikenal oleh banyak orang. Para growth hacker akan menemukan strategi apa yang paling bagus dan efektif untuk pemasaran bisnis startup, tanpa harus mengeluarkan banyak anggaran.

Misalnya dengan cara melakukan pemasaran lewat media cetak, televisi, Youtube dan lain sebagainya. Atau bisa juga melalui sosial media yang sudah memiliki banyak followers.

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon