Home / Artikel

image

Aplikasi Ujian Online (CAT), Solusi Ujian Dari Rumah Di Tengah Pandemi


Di tengah pandemi corona atau covid-19 yang menghebohkan dunia ternyata bukan menjadi penghalang untuk perguruan tinggi bisa tetap beroperasional meskipun dari rumah. Meskipun kebijakan atau himbauan dari pemerintah menyuruh kita di rumah saja alias menyarankan sosial distancing bukan berarti mahasiswa libur secara mutlak tanpa bisa belajar ataupun melaksanakan ujian.

Kita tahu bahwa pendidikan adalah sesuatu yang mutlak dan harus dipenuhi agar generasi penerus bisa terus berkembang. Melalui pendidikan mereka mendapatkan pembelajaran dan pengetahuan bagaimana bisa menghadapi lika-liku kehidupan termasuk bisa mendapatkan pekerjaan nantinya. Selain itu, melalui pendidikan, akan diajarkan bagaimana memiliki karakter dan budi pekerti yang baik, pola berpikir serta mengembangkan kemampuan yang memang telah dimiliki sebelumnya.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dimana tidak hanya semata-mata mempersiapkan dalam menghadapi masa akan datang namun juga upaya peningkatan mutu setiap warga negaranya. Sehingga masyarakat bisa berperilaku dan berpikir sesuai dengan apa yang diharapkan.

Biasanya proses ujian ini dilakukan oleh perguruan tinggi secara tatap muka dengan siswa alias manual. Namun, melihat keadaan dimana kita berada dalam situasi cukup genting sehingga tidak memungkinkan melakukan proses ujian secara manual alias tatap muka. Kita dihimbau untuk tidak keluar rumah dan menghindari perkumpulan demi menurunkan grafik kasus wabah corona ini.

Di tengah wabah yang melanda dunia dimana tidak memungkinkan dilakukan ujian secara manual, seharus semua perguruan tinggi di Indonesia bisa memanfaatkan teknologi digital dalam proses ujiannya. Salah satu teknologi digital yang bisa digunakan adalah Aplikasi Ujian Online atau sering disebut dengan CAT atau CBT.

Aplikasi ujian online CAT ini adalah salah satu cara yang bisa membantu atau solusi tepat dalam proses ujian maupun evaluasi dengan bantuan komputer. Tidak hanya bantuan komputer, tapi juga bisa dengan bantuan smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Sehingga meskipun dari rumah, kampus tetap bisa melangsung proses seleksi penerimaan mahasiswa baru dan ujian semester.

Tidak hanya menjadi solusi di tengah pandemi ini, aplikasi ujian online juga bisa digunakan untuk ujian instansi lainnya, seperti CPNS, Ujian Psikotes, Ujian Sekolah ( SD, SMP dan SMA) dll. tentu saja memiliki banyak sekali manfaat diantaranya hemat biaya dan waktu. Jika biasanya dalam proses ujian membutuhkan kertas untuk lembar soal dan jawaban, anggaran pembelian kertas bisa dialihkan untuk operasional lainnya. Begitu juga terkait waktu, karena sistem bisa langsung mengoreksi jawaban atau menampilkan hasil ujian.

Berikut beberapa manfaat menggunakan aplikasi ujian online ini :

    1.  Cepat, Akuntable dan Transparan.
         Ujian bisa berlangsung secara cepat dan tepat dimana sistem ujian     
         terjadwal sehingga ujian berlangsung sesuai jadwal yang ada.

    2.  Lebih Efisien
        Tidak membutuhkan kertas sehingga bisa menghemat anggaran
        atau biaya.

   3.   Anti Ribet   
        Peserta tes dapat mendaftarkan diri melalui internet, Keseluruhan     
        materi soal tes komputerisasi dasar dapat diakses melalui computer.
        Penilaian  dilakukan secara obyektif. Peserta ujian dapat segera     
        mengetahui capaian nilai (skor) yang diperoleh setelah ujian selesai.


Sebenarnya banyak sekali manfaat dari ujian online ini, apalagi di masa-masa ini dimana kampus tetap bisa melangsungkan ujian meskipun dari rumah masing-masing. Semua kemudahan dari aplikasi ujian online tersebut bisa didapatkan dari Mediatama Web Indonesia yaitu perusahaan yang bergerak dalam bidang IT Development sekaligus konsultan IT.





Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon