Home / Artikel

image

SMS Marketing menjadi salah satu strategi pemasaran


Apakah sebelumnya Anda pernah menggunakan SMS Blast untuk memasarkan produk Anda? Atau mungkin pertanyaan yang lebih mudah, apakah Anda pernah menerimanya? Jika Anda berdomisili di Jakarta, dan memiliki nomor telepon salah satu operator telekomunikasi pelat merah, Anda pasti sering mendapatkan SMS promo dari 2 retailer donat terkemuka, ya kan?

Menurut survey dari Oberlo, lebih dari 6.4 miliar orang di dunia memiliki telepon seluler. Hampir semua pemilik telepon seluler tersebut dapat berkomunikasi melalui teks pesan singkat.

Pesan berupa teks yang dikirim melalui satu telepon seluler ke telepon seluler lainnya ini disebut sebagai pesan singkat yang biasa disebut sebagai SMS. SMS adalah singkatan dari Short Message Service.

Di antara banyak strategi marketing lainnya, mengapa Anda para pebisnis perlu melakukan SMS marketing? Bukankah ini cara kuno?

Pernahkah Anda bertanya mengapa masih banyak saja pesan-pesan pemasaran dari restoran atau perusahaan lainnya yang masuk ke inbox SMS di ponsel Anda? Mengapa kebanyakan korporat masih menggunakan metode ini? Bahkan menurut riset di atas, SMS Marketing telah diterapkan selama lebih dari 20 tahun.

Sebenarnya ada banyak kelebihan strategi pemasaran melalui SMS ini yang nanti akan kami paparkan agar Anda yakin untuk melakukan SMS marketing. Namun alasan yang paling mendasar masih terkait dengan banyaknya jumlah pengguna ponsel di paragraf pengantar sebelumnya.

Anda dapat melihat bagaimana pelanggan atau pembeli sangat bergantung dengan perangkat komunikasi tersebut. Maka sangat masuk akal jika Anda juga melakukan komunikasi terhadap pelanggan atau pembeli Anda melalui media tersebut.

Tidak hanya ponsel biasa atau tradisional, kini pengguna ponsel pintar atau biasa disebut smartphone juga terus meningkat drastis. Berdasarkan penelitian terbaru yang dilakukan eMarketer, jumlah pengguna smartphone di Indonesia akan meningkat dari 55 juta pengguna di tahun 2015 menjadi 92 juta di tahun 2019.

Saat ini, Indonesia menjadi pasar penjualan smartphone terbesar ke-3 di kawasan Asia Pasifik (Setelah China dan India). Di Asia Pasifik, telah terdapat lebih dari satu miliar jumlah pengguna smartphone.

Kelebihan SMS Marketing


Setelah membaca data statistik di atas mungkin Anda masih ragu untuk melakukan strategi marketing lewat pesan singkat. Namun, kami akan memaparkan lebih lagi keuntungan apa saja yang bisa Anda dapatkan dari SMS marketing ini!

  • Proses Cepat

SMS Marketing ini dapat dilakukan dalam hitungan menit dan diterima oleh pelanggan dalam hitungan menit pula. Waktu yang dibutuhkan oleh penerima pesan adalah kurang dari 3 menit.

Dalam menyusun pesan atau teks yang Anda ingin sampaikan, tinggal merangkai kata-kata yang menarik dan to the point. Apakah Anda ingin menawarkan barang khusus yang kemungkinan besar disukai pelanggan secara personal ataukah mengirimkan pesan berantai yang berisi promo potongan harga produk Anda.

Anda tidak perlu repot menyusun ide Anda ke dalam bentuk yang rumit, hanya berupa kata-kata singkat yang bermanfaat. Tidak seperti iklan di media yang perlu perencanaan cukup lama mulai dari mengumpulkan ide hingga eksekusi dan penempatan iklan itu sendiri.

  • Cocok untuk Semua Jenis Mobile Device


Melalui SMS, Anda tak perlu khawatir kalau pesan Anda tak terbaca oleh perangkat ponsel tertentu. Sebab pada dasarnya SMS ini bisa diakses dari perangkat manapun, entah ponsel tradisional atau ponsel pintar.

  • Ramah Lingkungan

Bagi Anda yang peduli akan lingkungan. Anda tentu tahu bahwa papan-papan iklan di pinggir jalan raya, atau bahkan sekadar kertas selebaran semacam brosur yang biasa dibagikan toko adalah bentuk pemasaran yang berdampak bagi lingkungan secara signifikan walau tak langsung merusak.

Bayangkan kertas-kertas bosur yang dibuat dari pohon-pohon yang ditebang itu bisa ditiadakan dengan adanya online marketing atau lebih spesifik lagi, SMS marketing ini.

  • Bersifat Personal dan Langsung

Bandingkan SMS marketing yang bisa dipersonalisasi ini dengan email yang dikirim oleh sistem. Apalagi email yang Anda kirim menumpuk di kotak inbox pelanggan Anda dan bisa tergolong spam.

  • Tidak Memakan Biaya Besar

Tidak seperti strategi marketing lainnya yang cenderung membutuhkan biaya besar, dengan SMS marketing ini, Anda dapat lebih menghemat biaya. Bandingkan dengan biaya pembuatan dan pemasangan iklan di media televisi atau baliho yang harus Anda keluarkan. Atau pencetakan brosur yang Anda lakukan di percetakan yang menghabiskan biaya desain berikut tinta untuk cetak konten brosurnya.


Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon