Home / Artikel

image

Alasan Mengapa UMKM Harus Mempunyai Website


Di zaman digital ini, maka penting UMKM harus mempunyai sebuah website untuk toko digital mereka.  Sebuah website dapat memberikan kesan kredibilitas. Dengan sebuah website, membuat orang tahu bahwa anda serius dan siap untuk berbisnis. Website adalah toko digital yang dapat dijamin kredibilitasnya. UMKM di era digital ini tanpa sebuah website, bagaimana orang tahu UMKM Anda ada?

Yang mengejutkan, di Indonesia masih banyak UMKM mempunyai bisnis belum mempunyai website. Dilansir dari Kominfo.go.id, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah mencatat pada 2017 sebanyak 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah menggunakan website dalam memasarkan produknya. Jumlah ini hanya 8 persen dari total UMKM yang ada di Indonesia, yaitu 59,2 juta. Dengan statistik ini, UMKM Indonesia sangat masih minim untuk pergeseran dunia digital. Salah satu terbesarnya adalah biaya dan sulitnya belajar.  Jika pendapatan UMKM masih relatif kecil tetapi anda harus meng-hire orang untuk website anda. Bagaimana jika malah membuat website menyebabkan bisnis UMKM anda gagal ? Maka anda perlu membaca artikel ini.

Alasan kenapa UMKM harus mempunyai sebuah website ?


  • Meningkatkan Kredibilitas UMKM

Di zaman digital ini, Semakin banyak orang mencari yang mereka inginkan melalui internet. Dari membandingkan harga atau hanya untuk mendapatkan informasi tentang toko, restoran atau bisnis sebelum mereka membeli barang yang mereka inginkan. Jika anda tidak memiliki situs web pelanggan potensial akan mendatangi pesaing anda yang memiliki sebuah website. Terutama jika UMKM anda belum mempunyai social media.

Memiliki website tidak hanya akan memberikan informasi yang pelanggan cari, tetapi juga akan memberikan kredibilitas bisnis anda. Dengan perencanaan yang cermat, dirancang secara responsif dan dengan mempertimbangkan kebutuhan pelanggan anda, website anda akan memberikan citra profesional dan memberi calon pelanggan potensial anda memiliki pengalaman hebat ketika mereka ke website anda. Meskipun di akses dari komputer, tablet, atau ponsel mereka.

  • Menghemat Uang dalam Jangka Panjang

Sebagai UMKM terutama yang baru memulai, anda mungkin berpikir tidak mampu membeli sebuah website. Meskipun biaya mendesain website bervariasi tergantung pada kebutuhan. Tetapi jika anda sudah mempunyai website itu merupakan nilai investasi awal untuk UMKM anda. Terutama jika website anda dibangun menggunakan WordPress, yang memungkinkan anda untuk menambah dan mengubah konten anda sendiri secara berkala, menghemat uang anda dalam pembaruan.

Dibandingkan dengan biaya iklan tradisional seperti iklan surat kabar, iklan radio, dan event promosi yang lumayan memakan biaya besar, ketika anda mengetahui target pasar potensial yang dapat anda jangkau hanya dengan sebuah website adalah cara yang sangat efektif untuk mempromosikan bisnis anda dalam jangka panjang.

Sekalipun anda tidak paham tentang website sehingga anda harus menyewa developer web host untuk maintenance dan memperbarui website anda, biaya maintenance-nya masih relatif lebih rendah daripada pemasaran tradisional, dan anda bisa dengan mudah menemukan sejumlah pelanggan yang potensial di Internet dengan website anda setiap tahun.

  • Pelanggan dapat selalu diberi Informasi

Anggaplah website anda sebagai sebuah toko online. Sehingga anda bisa jauh lebih mudah dan lebih cepat untuk memperbarui informasi tentang produk dan layanan bisnis UMKM anda di toko online anda sendiri daripada di brosur atau katalog cetak.

website adalah cara yang efektif untuk memperkenalkan layanan baru anda ke pelanggan. Memberi tahu mereka tentang produk baru dan sebuah promosi. anda juga dapat memberikan nilai tambah dengan memposting tip, sumber daya, dan informasi lainnya melalui blog di website anda. Tidak seperti iklan cetak, artikel surat kabar, dan selebaran, yang dengan cepat menjadi rusak dan hilang. Artikel di website anda dapat memberikan informasi dan berita yang tepat.

Sebuah website bisa jadi lebih dari sekadar toko online. Sekarang banyak juga UMKM yang memiliki video YouTube, Podcast, Webinar, e-Book, dan media online lainnya untuk memamerkan keahlian dan produk mereka, menyediakan kelas, kursus, dan lokakarya online. Belum lagi integrasi media sosial yang memungkinkan anda untuk berbagi informasi di website anda di berbagai saluran lain dan menjangkau audiens yang lebih luas.

  • Kemudahan Akses sebuah Website

Tidak seperti toko di dunia nyata yang hanya buka beberapa jam sehari. Sebuah website dapat diakses 24 jam dalam sehari bahkan 365 hari dalam setahun. Anda dapat memberikan kenyamanan bagi pelanggan anda dan calon pelanggan untuk memperoleh dan melihat produk dan layanan anda ketika toko offline atau kantor anda tutup.
Tidak hanya itu, dengan begitu banyak fitur interaktif dan tambahan yang tersedia, pengunjung ke website anda dapat menghubungi anda, mendaftar untuk sebuah pelatihan, menjadwalkan untuk meeting sesama clients dan bahkan membeli langsung melalui website anda bahkan ketika anda tidur atau liburan dengan keluarga anda.

  • Peningkatan Pelayanan Pelanggan dengan Sebuah Website

Sebuah website dapat menjadi cara yang bagus untuk memberikan layanan bernilai tambah kepada pelanggan dan client anda. Dapat juga merupakan cara yang bagus untuk membuat mereka kembali kepada anda ketika mereka membutuhkan produk atau layanan Anda. Apa pun produk yang anda jual, anda dapat membagikan kiat kepada pelanggan tentang cara menggunakan atau merawat produk yang mereka beli dari anda. Jika bisnis UMKM anda adalah pakaian, anda dapat memberikan tips tentang cara mengenakan pakaian. Jika anda menjual minuman seperti teh atau kopi, anda dapat memberikan waktu dan suhu yang tepat untuk penyeduhan.

Jika bisnis UMKM anda adalah jasa layanan seperti layanan keuangan. anda dapat memberikan saran berharga kepada klien anda untuk membantu mereka memanage pembayaran pajak atau cara menyederhanakan laporan keuangan. Atau jika anda dalam asuransi, anda dapat memberikan saran tentang cara memilih polis asuransi yang tepat untuk kebutuhan pelanggan atau keluarga mereka. Dengan memasukkan halaman FAQ atau artikel, anda dapat secara teratur menambahkan artikel atau mengunggah FAQ untuk menjawab semua pertanyaan pelanggan anda. anda juga dapat membuat mereka mendapat informasi dan informasi terbaru melalui website anda.

Kami juga memiliki konten lain untuk anda perihal bisnis, marketing dan pengembangan bisnis digital anda. Selamat membaca dan mengembangkan bisnis atau website Anda! Bagi anda yang belum mempunyai website juga bisa segera membuat website kalian sendiri untuk memperbesar dan meningkatkan bisnis yang sedang anda jalani saat ini.

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon