Rencana menawarkan dan mempublikasikan produk melalui internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.
Anda tentu sudah tidak aneh lagi dengan kegiatan seperti di atas bukan? Itulah yang dinamakan dengan internet marketing—-yakni strategi memasarkan dan mengiklankan produk lewat internet dengan tujuan promosi, meningkatkan volume penjualan, serta memengaruhi konsumen untuk membeli suatu barang/jasa.
Di era digital seperti saat ini, internet marketing memang dianggap sebagai metode penjualan yang paling efektif dan menguntungkan dibandingkan dengan marketing tradisional. Selain lebih praktis, jangkauan pemasaran online marketing bisa lebih luas. Dengan cara-cara yang tepat, penjual bahkan bisa melakukan ekspansi bisnis sampai ke luar negeri.
Dalam internet marketing ada banyak elemen agar segala proses bisnis berjalan lebih efektif dan sukses, yaitu:
Website
E-commerce
Artikel-artikel SEO
Email marketing
Search Engine Marketing (SEM)
Social Media Marketing
Systemize Follow-up
Sales
Makin banyak elemen yang dipakai, makin besar peluang kesuksesan yang akan Anda raih. Namun, Anda tidak diharuskan menggunakan semua elemen di atas dalam sekali waktu. Pemanfaatan elemen marketing hendaknya disesuaikan dengan target dan situasi pasar.
Ciri-Ciri Internet Marketing
Tipe promosi lebih fleksibel dan terpencar, misalnya lewat artikel, update blog, status media sosial, twit, dan semacamnya
Ruang lingkup promosi lebih luas, ditujukan untuk siapa saja dan di mana saja
Komunikasi dengan konsumen lebih responsif dan terbuka (terlihat dari makin banyaknya e-commerce yang menyediakan layanan pelanggan 24 jam)
Komunikasi banyak arah—baik penjual maupun pembeli sama-sama aktif mendiskusikan produk
Ringkasnya, internet marketing bisa menjadi solusi terbaik untuk mengenalkan produk ke masyarakat sekaligus meningkatkan volume penjualan.