Home / Artikel

image

Metode SEO Yang Ampuh Untuk Meningkatkan Trafik di 2020


pemilik website atau blog, tentu Anda akan sangat senang jika website Anda bisa muncul di peringkat teratas halaman pertama mesin pencari, dalam hal ini Google. Semakin tinggi peringkat pencarian Google, semakin tinggi pula traffic website yang didapat. Untuk pemilik website toko online, traffic yang tinggi membuat peluang untuk mengkonversinya menjadi leads atau pembelian. Dan bila mempunya traffic bagus, maka Anda bisa memonetisasi website dengan cara mendaftar Google Adsense atau membuka paid promote.

Ikuti artikel ini sampai habis yang akan memandu Anda menerapkan teknik SEO yang efektif terbaru. Perlu Anda ingat bahwa algoritma Google selalu berubah setiap waktu. Google selalu memperbarui algoritmanya untuk memberikan hasil pencarian terbaik dan relevan kepada penggunanya. Hasil pencarian tersebut diharapkan mampu menjawab pencarian pengguna secara lengkap.

Teknik SEO yang Efektif Untuk Anda


1. Riset Kata Kunci

Sudah menjadi kewajiban bagi pemilik website atau blog untuk melakukan riset keyword sebelum membuat konten. Riset keyword akan membantu Anda menemukan kata kunci yang relevan bagi para pembaca. Terdapat lima indicator yang Anda perhatikan saat melakukan riset kata kunci, yaitu volume pencarian, tingkat kesulitan keyword, SERP, Search Intent, dan saran kata kunci.

2. Membuat Konten yang Menarik

Google menyadari kebutuhan penggunanya yang menginginkan jawaban yang lengkap dan mampu menyelesaikan masalah mereka. Karena itu Google mulai mengutamakan konten-konten yang lengkap untuk berada di peringkat teratas hasil pencarian. Untuk membantu pembaca memahami artikel Anda, silakan tambahkan media visual seperti ilustrasi, infografik, atau video untuk melengkapi tulisan.

3. Optimalkan Internal Link

Internal link, bersama backlink memegang peranan penting dalam optimasi SEO. Internal link adalah link dari satu halaman ke halaman lain yang masih berada pada satu website yang sama. Internal link ini bergunak untuk membantu mesin pencari memahami konteks dan hubungan antar halaman di website.

4. Install Plugin SEO

Memasang plugin SEO adalah langkah penting yang harus Anda lakukan untuk melakukan optimasi SEO. Beberapa plugin populer yang banyak digunakan antara lain Yoast SEO dan Jetpack SEO.

5. Menambahkan Website di Google Search Console

Google Search Console adalah platform gratis bagi pemiliki website untuk melakukan monitoring kinerja website mereka di ranah organik Google.

6. Membuat Sitemap

Sitemap atau peta situs adalah sebuah daftar yang berisi semua halaman website yang dapat diakses oleh pengunjung dan mesin pencari. Adanya sitemap akan membuat website Anda lebih mudah ditemukan oleh mesin pencari dan lebih cepat teindeks.

7. Memasang Google Analytics

Selain memasang Google Search Console, jangan lupa untuk memasang Google Analytics. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda. Google Analytics lebih berfungsi untuk mengidenifikasi perilaku pengunjung website.

8. Membagikan Tulisan di Platform Lain

Salah satu strategi SEO lain yang bisa Anda lakukan adalah membagikan konten tersebut ke platform lain. Platform itu, misalnya ke social media, atau menerbitkan ulang konten tersebut di Medium.

9. Optimasi Meta Tag

Melakukan optimasi meta tag adalah salah satu hal penting lain yang harus Anda lakukan. Hasil pencarian umumnya hanya akan menampilkan meta tags yang terdiri dari title tag dan meta description.

10. Guest Post

Guest post adalah menulis artikel di blog atau website orang lain. Dalam artikel tersebut Anda bisa menyisipkan link yang mengarah ke website Anda. Ini juga salah satu teknik SEO yang efektif untuk mendapatkan backlink berkualitas.

Kesimpulan

Memiliki website yang memiliki peringkat teratas di halaman pertama mesin pencari merupakan suatu pencapaian tersendiri. Namun untuk meraihnya Anda harus memahami dan menerapkan teknik SEO efektif. Dibutuhan konsistensi dan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon