Home / Artikel

image

Tips agar Flashdisk Kamu Tidak Cepat Rusak


Flashdisk, barang kecil berisi banyak data yang sering sekali kita cari.Walapun kecil, nyatanya barang ini punya peran yang penting untuk beberapa hal di kehidupan kita.


Mulai dari menyimpan file tugas, skripsi sampai laporan pekerjaan, dia selalu siap membantu kita.Nah, kamu pasti sering jengkel kalau flashdisk kamu tiba-tiba rusak di saat kamu sedang sangat membutuhkan.


Bisa jadi rusaknya flashdisk kamu ini juga karena ulahmu sendiri loh.Berikut ini beberapa hal yang bisa menyebabkan flashdisk kamu cepat rusak.



1. Virus

Seringnya flashdisk kamu berpindah dari satu laptop ke laptop lain bisa menyebabkan flashdisk kamu kemasukan virus.

Untuk itu kamu perlu scan virus di flashdisk kamu secara berkala.Tapi jangan asal pakai anti-virus yah, pastikan kamu pakai anti-virus dengan kualitas bagus dan usahakan juga pakai anti-virus yang original.


2. Jangan dekat-dekat dengan magnet

Pada dasarnya, semua barang elektronik tidak boleh sering berdekatan dengan magnet. Termasuk flashdisk.Kamu harus hati-hati menaruh flashdisk kamu jangan sampai berdekatan dengan magnet.

Lalu, benda apa aja sih yang ada magnetnya? Misalnya nih, ada hape, televisi dan speaker.

Sebenarnya, semua perangkat yang memiliki pengeras suara pasti mengandung magnet di dalamnya.Terlalu sering terpapar radiasi magnet bisa merusak arus data yang ada di dalam rangkaian flashdisk.

Akibatnya, flashdisk akan cepat rusak.


3. Jangan lupa eject!

Ini sering juga kamu lupakan.Kenapa sih harus di-eject?

Simpelnya adalah supaya kamu bisa mendapat peringatan dari sistem komputer apakah flashdisk kamu masih mengolah data atau tidak.

Jika asal cabut, bisa saja data yang ditransfer belum terkirim dengan sempurna dan menyebabkan munculnya file-file yang corrupt atau rusak.


4. Tutup ujung flashdisk

Yang terakhir juga penting nih.Seringkali kita kehilangan tutup flashdisk karena ukurannya kecil. Atau malah sengaja membeli merek flashdisk yang dijual tanpa tutup.

Kamu harus hati-hati loh. Ujung soket yang terbuka bisa menyebabkan lapisan tembaga rusak atau bahkan kemasukan debu.

Kalau sudah begini, pastinya flashdisk akan bekerja dengan tidak sempurna dong.

">

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon