Home / Artikel

image

Satelit Nusantara Satu Sukses Mengorbit diatas Wilayah Papua


PT.Pasifik Satelit Nusantara (PSN) mengkonfirmasi bahwa Satelit Nusantara Satu telah sukses mengorbit di atas wilayah Papua. Dengan ini, satelit tersebut dinyatakam siap melayani kebutuhan internet Indonesia.


Satelit Nusantara Satu diketahui meluncur di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat Jumat (22/2) pukul 08.45 WIB. Setelah melakukan In-Orbit Raising pada 7 Maret, Nusantara Satu sukses mengorbit di 146 derajat Bukir Timur atau tepat di atas Papua sesuai jadwalnya.


Direktur Utama PSN Adi Rahman Adiwoso mengatakan, setelah mengorbit dan dilakukan serangkaian tes, Nusantara Satu dinyatakan dalam kondisi sehat atau seluruh spesifikasi teknis terpenuhi sesuai dengan rancangan dan harapan.


Pengendalian satelit, kata Adi, sejak meluncur hingga sampai ke orbit, Nusantara Satu masih dikendalikan oleh MCC Palo Alto milik SSL, namun tetap di bawah pengawasan SCF Jatiluhur. Setelah serangkaian tes pada satelit berjalan lancar dan proses administrasi diselesaikan, SSL pun akan menyerahkan kepada PSN selambat-lambatnya pada 1 April ini.

Satelit Nusantara Satu merupakan satelit broadband pertama di Indonesia dengan teknologi High Throughtput Satellite (HTS) yang dapat memberikan layanan internet dengan kapasitas lebih besar dibandingkan satelit konvensional.

Teknologi Next Generation Electric Propulsion pada Satelit Nusantara Satu mampu membuat berat satelit menjadi sangat ringan saat peluncuran, sehingga membuatnya lebih efisien dan cost effective sehingga menjadikan biaya investasi lebih terjangkau.

Satelit Nusantara Satu memiliki kapasitas 26 transponder C-band dan 12 transponder Extended C-band serta 8 spot beam Ku-band dengan total kapasitas bandwidth mencapai 15 Gbps. Satelit Nusantara Satu sanggup mengorbit dan beroperasi selama lebih dari 15 tahun.


Adi menambahkan, beroperasinya Satelit Nusantara Satu diharapkan dapat mengatasi kesenjangan internet yang terjadi. Saat ini, sekitar tiga ribu desa yang berhasil dikoneksikan oleh PSN, sampai akhir tahun 2019 jumlahnya ditargetkan meningkat hingga 10 ribu desa. Dan, diperkirakan 25 ribu desa dapat terhubung ke internet sekitar tahun 2020-2021.


Kami yakin, kemampuan yang dimiliki Satelit Nusantara Satu dapat membuka akses teknologi informasi yang lebih luas, terutama bagi masyarakat di berbagai pelosok daerah sehingga mampu membuka peluang bagi percepatan ekonomi di daerah, tutup Adi.


">

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon