Home / Artikel

image

NASA: Dunia Jauh Lebih Hijau Ketimbang Tahun 90-an


Setelah lebih dari dua dekade mengamati permukaan bumi lewat satelit, NASA mengonfirmasi saat ini dunia menjadi lebih hijau ketimbang medio 90-an. Sedangkan jika dibandingkan pada awal tahun 2000-an, saat ini bumi terlihat lima persen lebih hijau. 

Setiap hari NASA mengambil empat foto beresolusi tinggi di setiap kawasan bumi. Dari hasil pengamatan tersebut, ada dua negara yang terlihat semakin hijau yaitu India dan China. 

Lahan hijau di China tumbuh lebih dari 10 persen, sedangkan India lebih dari enam persen. Hal ini jauh lebih besar ketimbang pertumbuhan rata-rata di dunia yang sebesar 2,3 persen.


Seorang peneliti NASA, Rama Nemani, menjelaskan saat orang-orang menyadari masalahnya maka mereka akan segera memperbaikinya.

Kedua negara yang dimaksud adalah Indonesia dan Brazil, dimana deforestasi masih terus terjadi sehingga akan mengancam vegetasi, keberagaman, dan juga ekosistem.

Pada medio 70-80 an, deforestasi di India dan China sangat tidak baik. Hingga akhirnya pada tahun 1990-am, orang-orang di sana menyadarinya dan melakukan perubahan menuju ke arah yang lebih baik, ujar Nemani, seperti yang dikutip dari lonelyplanet, Rabu (20/2).

Meskipun secara keseluruhan data terkait reforestasi di dunia nampak positif, namun para peneliti di NASA mengingatkan ada dua negara yang perlu mendapat perhatian karena deforestasi.


Hal ini tentunya harus menjadi perhatian bersama agar upaya untuk menghijaukan bumi bisa dilakukan secara serempak.

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon