Home / Artikel

image

4 Tips Mudah Membersihan PC dari Debu


Tips Mudah Membersihan PC dari Debu

 

Bersih-Bersih DESKTOP-PC Lantaran casing Desktop PC berukuran besar, debu dapat terperangkap dimana-mana. Walaupun demikian, Desktop PC relatif mudah dibersihkan.

 

  1. Membersihkan Luar Dan Dalam Ca- sing. Sebelum membuka casing Desktop untuk dibersihkan, sebaiknya membersihkan bagian luar dengan lap halus. Kisi-kisi cooling fan dan bagian bawah casing dibersihkan dengan vaccum cleaner.

 

(1a). Demikian juga dengan panel depan. Lepaskan dan bersihkan endapan debu dengan vaccum. Selanjutnya, buka tutup casing sebelah kiri. Bersihkan semua debu dan kotoran yang terlihat. Bila tutup casing dilengkapi dengan casing fan

 

(1b), lepaskan fan tersebut agar mudah dibersihkan bagian luar dan dalam kipasnya.

  1. Membersihkan Cooling System Seperti pada notebook. cooling system pada Desktop-CPU dapat tersumbat karena tertutup debu yang menempel pada ventilator dan heatsink pendingin. Namun, Anda dapat membersihkan tanpa masalah. Tahan kipas fan dengan salah satu jari. Kalau sulit dijangkau, gunakan obeng untuk menahannya, kemudian bersihkan dengan vaccum cleaner. Bila diperlukan, gunakan semprotan kaleng untuk membersihkan sirip-sirip pendingan sambil diarahkan ke vaccum cleaner. Bila graphic card juga dilengkapi dengan sebuah active cooling fan, bersihkan dengan cara yang sama, namun sebelumnya lebih baik dilepaskan.

 

  1. Mengganti Pasta Pendingin. Untuk langkah ini, Anda harus memiliki pasta pendingin khusus untuk prosesor. Sebelumnya buka pengunci CPU Fan dan lepaskan. Hati-hati karena pasta lama masih menempel kuat pada prosesor. Kemudian, periksa apakah masih ada debu di sekitarnya. Gunakan bahan plastik (spatel atau kartu bank) untuk membuang pasta pendingin yang lama dari cooling system maupun dari CPU. Bersihkan sisa-sisa pastanya dengan tisu kertas atau cotton bud yang telah dicelupkan kedalam alkohol. Selanjutnya, oleskan pasta pendingin baru ke atas CPU. Letakkan cooling fan di atasnya dan geser atau putar pendingin tersebut agar pasta bisa merata. Kencangkan cooling system. Jangan lupa untuk kembali memasang soket kabel untuk cooling fan.

 
  1. Mengoptimalkan Pendinginan Bila posisi kabel dalam casing mengganggu aliran udara dari depan ke belakang, sebaiknya kabel-kabel tersebut diikat dengan Mengoptimalkan Pendinginan Bila posisi kabel dalam casing mengganggu aliran udara dari depan ke belakang, sebaiknya kabel-kabel tersebut diikat dengan

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon