Home / Artikel

image

Kamu Hardcore gaming ? 8 tips agar tubuh tetap fit dan sehat ketika bermain game


Ada dua macam gamer di dunia ini: gamer kasual dan gamer kelas berat. Gamer kasual hanya bermain ketika sangat senggang dan tidak ada yang dilakukan. Itupun beberapa game yang ringan dan hanya beberapa waktu saja. Gamer kelas berat umumnya mendedikasikan separuh hidupnya untuk game dan bisa menghabiskan beratus-ratus jam di depan layar, hanya demi bermain dan menyelesaikan video game tersebut.


Yang susah adalah gamer kelas berat, karena biasanya mereka sering melupakan kesehatan mereka akibat terlalu asyik bermain. Tapi, tenang. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk lama bermain, namun tetap menjaga tubuhmu fit. Ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan tersebut.



1. Lindungi matamu dengan aturan 20-20-20

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatsleepjunkies.com

Kebanyakan gamer cenderung memiliki risiko besar untuk pengurangan kualitas penglihatan, dikarenakan terlalu lama menatap monitor. Coba terapkan aturan 20-20-20 yang mana tiap 20 menit, kamu harus menatap hal lain selain monitor sejauh 20 kaki (6 meter) selama 20 detik. Kamu juga bisa gunakan kacamata anti radiasi.


2. Menjaga postur tubuh

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatpsypost.org

Saat bermain game, kamu bisa lupa sekitarmu, termasuk dirimu sendiri. Seringkali karena terlalu asyiknya bermain, postur tubuhmu malah berubah menjadi tidak bagus. Selalu ingat untuk duduk tegak lurus. Jika perlu, carilah kursi gaming yang dapat membantu postur tubuhmu tersebut.


3. Bergeraklah


Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatgaiam.com

Bermain video game dapat membuatmu terjaga dalam satu posisi dan itu tidak baik untukmu. Faktanya Washington Post pernah melaporkan, jika orang yang menatap layar lebih dari tujuh jam sehari memiliki 61 persen risiko kematian lebih cepat, lebih tinggi.


Meluangkan beberapa menit untuk berjalan dapat membantu masalah kesehatan tersebut. Tidak perlu melakukan latihan yang intensif, cukup bergeraklah atau sekedar latihan ringan.


4. Tidur yang cukup

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatmyperfectfit.tempur.com

Terjaga hingga pagi adalah hal yang biasa bagi para gamer, namun sebenarnya itu tidak baik bagi kesehatan. Kamu harus sadar kapan waktunya membutuhkan istirahat dan tidur. Sangat direkomendasikan untuk berhenti bermain, paling tidak satu jam sebelum kamu tidur dan tidurlah enam hingga delapan jam.


Baca Juga: Untuk Gamers, 5 Smartphone untuk Aktivitas Gaming Hardcore



LANJUTKAN MEMBACA ARTIKEL DI BAWAH

Editors’ Picks


7 Hal Di Game RPG Ini Akan Sangat Menyenangkan Jika Ada Di Dunia Nyata

Suka Banget Main Skyrim? Jangan Lupa Cobain 7 Game Open World Serupa!

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit Dan Sehat

5. Tetap terhidrasi

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatstandard.co.uk

Jangan lupa minum. Faktanya banyak gamer yang lupa minum gara-gara terlalu serius bermain. Dehidrasi mempengaruhi tubuhmu.


Kamu bisa mendapatkan sakit mata, pegal di area leher, sakit kepala, hingga rasa nyeri di jari dan pergelangan tangan. Bawalah air di dekatmu yang sekiranya tampak, bisa dijangkau, dan posisinya tidak mengganggu permainanmu.


6. Makan dengan nutrisi seimbang

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehateurogamer.net

Ingatlah jika para atlet e-sport memiliki diet sehat yang sangat ketat. Oleh para pelatih dan pakar nutrisinya, para atlet tersebut dihimbau untuk makan makanan tertentu dan tidak sembarangan. Kamu pun juga demikian, perlu makan yang teratur jika bermain dalam jangka waktu yang lama. Jus, buah, minuman berisotonik, itu bisa membantumu dalam masalah ini.


7. Mendapatkan udara luar

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatcolettebaronreid.com

Air conditioner (AC) sering digunakan para gamer untuk memberi kenyamanan pada dirinya, ketika sedang menutup diri dari dunia luar. Walaupun nyaman, namun jika terlalu lama pun juga tidak baik.


Tidak ada sirkulasi udara yang terjadi, menyebabkan udara kotor mengumpul di dalam satu ruang. Bukalah jendelamu atau paling tidak nyalakan ventilasi udaramu. Percayalah, kamu akan merasa segar karenanya.


8. Bermainlah bersama yang lain

Kamu Hardcore Gamer? Ikuti 8 Tips Ini Agar Tubuhmu Tetap Fit dan Sehatmuscleandfitness.com

Ini mempengaruhi kesehatan mental. Walaupun dunia online membuatmu bertemu dengan banyak orang secara maya, namun itu tidaklah cukup untuk bersosialisasi. Cobalah untuk berhenti dan keluar sejenak, atau paling tidak cobalah bermain video game, yang sekiranya bisa dimainkan bersama. Itu bisa menjadi hal yang menyegarkan untuk hidupmu.


Ingat, kamu boleh menyayangi gamemu, tapi sayangi juga tubuhmu juga. Kamu tidak bisa mengulang kesehatannya seperti game yang kamu mainkan

Tags


Klien Kami

icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon
icon